PERANGKAT SMP

http://www.ziddu.com/downloadlink/19669390/KEMAGNETAN.ppt
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=ffgcnanjlhjimbm&fname=HKMCOULOM.ppt&sub=done&lan=english
http://www.ziddu.com/download/19669390/KEMAGNETAN.ppt.html
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=jggbgaghkghgnhj&fname=HKMOHMHAMBATAN.ppt&sub=done&lan=english
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=fihhkcnighfinhk&fname=UNSURSENYAWADANCAMPURAN.ppt&sub=done&lan=english
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=feiegdjdkelilhm&fname=WUJUDZAT.ppt&sub=done&lan=english


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran       : IPA (Fisika)
Kelas / Semester    : VIII / Genap
Tahun Pelajaran     : 2012-2013
Alokasi Waktu       : 2 x 40 Menit

A.     Standar Kompetensi : 4. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar : 4.1. Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.

C.     Indikator :
Kognitif
1.      Produk
·        Mengidentifikasikan getaran pada kehidupan sehari-hari
·        Mengukur periode dan frekwensi getaran
2.      Proses
·        Melakukan Percobaan Getaran dengan bandul dan penggaris plastik
·        Menganalisa data pengamatan
·        Menyimpulkan getaran
Psikomotor
·        Pada saat melakukan percobaan diharapkan siswa terampil dan dapat melakukannya
Afektif
·        Saat dan setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat memiliki sikap:
-         Jujur dalam mengerjakan soal
-         Disiplin/tertib dalam mengatur waktu
-         Bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan
-         Percaya diri dalam mengerjakan soal ulangan
-         Kerja sama dalam melakukan latihan soal
-         Teliti dalam mengamati
-         Cermat dalam menelaah soal
-         Tekun dalam belajar
-         Menghargai pendapat orang lain dalam berdiskusi

D.     Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Produk
Setelah proses belajar mengajar diharapkan siswa dapat:
1.      Mendefinisikan getaran harmonik
2.      Menyebutkan 4 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
3.      Mendefinisikan perioda
4.      Menuliskan rumus perioda
5.      Menghitumg perioda benda bergetar
6.      Mendefinisikan frekwensi
7.      Menuliskan rumus frekwensi
8.      Menghitung frekwensi benda bergetar

Proses
·        Melakukan percobaan getaran dengan bandul dan penggaris plastik
·        Menganalisa data pengamatan
·        Menyimpulkan getaran
Psikomotor
·        Pada saat melakukan percobaan diharapkan siswa terampil dan dapat melakukannya
Afektif
·        Saat dan setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat memiliki sikap:
-         Jujur dalam mengerjakan soal
-         Disiplin/tertib dalam mengatur waktu
-         Bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan
-         Percaya diri dalam mengerjakan soal ulangan
-         Kerja sama dalam melakukan latihan soal
-         Teliti dalam mengamati
-         Cermat dalam menelaah soal
-         Tekun dalam belajar
-         Menghargai pendapat orang lain dalam berdiskusi

E.      Materi Ajar

Peta Konsep



Materi Pokok (Getaran)
·        Getaran adalah gerak bolak balik secara periodic (teratur)/terus menerus di sekitar titik keseimbangan
·        Getaran dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai pada:
a.       Ayunan (bandulan) pada maianan anak TK
b.      Orang yang sedang bersuara tenggorokannya bergetar
c.       Gong yang sedang dipukul bergetar
d.      Permukaan air tenang bergetar pada saat dijatuhi batu
e.       Senar gitar bergetar bila dipetik dan lain-lain
·        Frekwensi adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik, dirumuskan:   f = n / t ; dengan f = frekwensi (Hz), n = banyaknya getaran dan t = waktu (s)
·        Satuan lain dari frekwensi: getaran per detik; cycle per sekon (cps); Kilo Hertz, Mega Hertz dan lain-lain
·        Periode adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu putaran penuh/sempurna, dirumuskan: T = t / n ; dengan T = periode (s)
·        Hubungan periode dengan frekwensi dapat dirumuskan:  f = 1/T  atau  T = 1/f
·        Besarnya periode dipengaruhi oleh frekwensi dan tidak dipengaruhi oleh amplitude
·        Amplitudo adalah jarak terjauh dari titik setimbang.
·        Besarnya amplitude tidak mempengaruhi frekwensi tetapi mempengaruhi kekuatan benda yang bergetar, semakin besar amplitudo semakin kuat getarannya
·        Simpangan adalah jarak benda saat bergetar diukur dari titik setimbang

F.      Metode Pembelajaran
Strategi pembelajaran : CTL
Model pembelajaran   : Kooperatif learning (CL)
Metode                        : ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, percobaan

G.     Langkah-langkah Kegiatan
1.      Pendahuluan (10 menit)
-         Apersepsi:
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-         Motivasi:
Apa yang terjadi pada tenggorokan orang yang bersuara? Mengapa senar gitar jika dipetik mengeluarkan suara? Materi getaran banyak menfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
2.      Kegiatan Inti (60 menit)
a.       Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang beranggotakan 4/5 siswa
b.      Guru menjelaskan getaran
c.       Wakil kelompok mengambil alat dan bahan yang digunakan untuk percobaan.
d.      Siswa melakukan percobaan getaran dan  menyelesaikan beberapa masalah tentang getaran (guru mengamati dan membantu siswa yang kesulitan)
Percobaan 1.
Tujuan: Mengamati gerak bolak balik
Alat dan Bahan: beban bandul dan tali
Cara kerja:
1)      Buatlah bandul sederhana dari sebuah beban yang digantungkan pada seutas tali seperti pada gambar (a):




                                                             A                                    A                   B
        O                                 O                                      O
(a)                                                              (b)                                     (c)
2)      Biarkanlah bandul tergantung bebas. Pada kedaan itu, bandul dalam keadaan setimbang (a)
3)      Tariklah bandul ke kiri atau ke kanan (b), lalu lepaskan. Biarkan bandul berayun (c).

Pertanyaan:
1)      Pada saat gaya tarik kamu lepaskan, apakah bandul bergerak bolak balik?
2)      Apakah gerakan bandul tersebut melalui titik setimbang?
3)      Bagaimanakah gerakan bandul, jika telah melewati titik setimbang?
4)      Dari gambar (c), jika bandul bergerak dari titik A maka lintasan 1 getaran penuh adalah …; 2 getaran penuh adalah … dan 2,5 getaran adalah….
e.       Meminta wakil kelompok untuk menuliskan hasil percobannya.
f.        Memberi penghargaan pada siswa atau kelompok yang sudah berani tampil
Percobaan 2.
Tujuan: Memahami konsep getaran
Alat dan Bahan: Penggaris plastik yang lentur/elastis dan meja
Cara kerja:
1)      Siapkan alat dan bahan
2)      Letakkan penggaris di atas meja, kemudian jepit dengan tangan kiri.
3)      Getarkan penggaris dengan menekan ujung penggaris kemudian lepaskan
4)      Amati apa yang terjadi pada penggaris tersebut!
Pertanyaan:
2)      Pada saat penggaris digetarkan, apakah penggaris bergerak bolak balik melalui titik setimbang?
3)      Apakah penggaris dapat dikatakan bergetar? Jelaskan!
g.       Meminta wakil kelompok untuk menuliskan hasil percobaannya
h.       Memberi penghargaan pada siswa atau kelompok yang sudah berani tampil
i.         Meminta mengumpulkan hasil pekerjaan kelompoknya dan mengembalikan semua alat dan bahan percobaan
j.        Guru membagikan soal tes individu,siswa mengerjakan soal tes individu.
k.      Semua siswa mengumpulkan hasil tes individu
3.      Penutup (10 menit)
a.       Membimbing siswa untuk merangkum hasil pembelajaran
b.      Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan mandiri di LKS (PR)

H.     Alat/Bahan/Sumber belajar
a.       Alat dan Bahan : statip, benang/tali, baterai (beban), penggaris plastik
b.      Sumber Belajar: Buku fisika, LKS, internet, Lingkungan dan buku-buku lain yang relevan

I.        Penilaian
  1. Teknik : Tes tertulis, tes lisan, tes unjuk kerja
  2. Bentuk Instrumen : tes uraian, percobaan
  3. Instrumen:

Kerjakan soal berikut dengan singkat dan tepat!
1.      Definisikan arti getaran!
2.      Sebutkan 4 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari!
3.      Definisikan arti perioda!
4.      Tuliskan rumus perioda!
5.      Sebuah penggaris plastik dalam 1 menit menghasilkan getaran sebanyak 60 kali. Hitunglah perioda getarannya?
6.      Definisikan arti frekwensi!
7.      Tuliskan rumus frekwensi!
8.      Benda bergetar sebanyak 120 kali dalam 1 menit. Hitunglah frekwensi getaran benda tersebut?

Penilaian tes tertulis/lisan
No.
Kunci Jawaban
Skor
1
Getaran adalah gerak bolak balik secara periodik (teratur)/terus menerus di sekitar titik keseimbangan
10
2
Getaran dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai pada:
1.   Orang yang sedang bersuara tenggorokannya bergetar
2.   Gong yang sedang dipukul bergetar
3.   Permukaan air tenang bergetar pada saat dijatuhi batu
4.   Senar gitar bergetar bila dipetik dan lain-lain
15
3
Periode adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu getaran penuh/sempurna.
15
4
Periode dirumuskan: T = t / n ; dengan T = periode (s)
10
5
Diketahui:  t = 1 menit = 60 s
n = 60 kali
Ditanyakan: T = …?
Jawab: T = t / n = 60 s / 60 kali = 1 s
15
6
Frekwensi adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam satu detik.
10
7
Frekwensi dirumuskan:   f = n / t ; dengan f = frekwensi (Hz),        n = banyaknya getaran dan t = waktu (s)
10
8
Diketahui:  n = 120 kali
t = 1 menit = 60 s
Ditanyakan: f = …?
Jawab: f = n / t = 120 kali / 60 s = 2 Hz
15
SKOR MAKSIMUM
100


Penilaian Kinerja
4.1.   Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
Nama               : ....
Kelas/Semester: ... / ....
Kriteria yang dinilai
Skor
1
2
3
4
5
  1. Memggunakan alat dan bahan percobaan secara tepat
  2. Melakukan percobaan dengan benar
  3. Mengumpulkan data secara obyektif
  4. Melakukan analisa data dengan tepat
  5. Merumuskan kesimpulan berdasarkan data






1: Sangat kurang
2: Kurang
3: Cukup
4: Baik
5: Sangat baik


             Mengetahui;                                                             Gempol, 9 Juli 2012
             Kepala Sekolah                                                        Guru Mata Pelajaran



             H. Hdayat, M.Pd                                                      Tono Joko Sucipto, S.Pd
             NIP                                                                           NIP 19690530 200801 1 006  









LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Percobaan 1.

Tujuan: Mengamati gerak bolak balik
Alat dan Bahan: beban bandul dan tali
Cara kerja:
1.      Buatlah bandul sederhana dari sebuah beban yang digantungkan pada seutas tali seperti pada gambar (a):




                                                             A                                    A                   B
        O                                 O                                      O
(a)                                                              (b)                                     (c)
2.      Biarkanlah bandul tergantung bebas. Pada kedaan itu, bandul dalam keadaan setimbang (a)
3.      Tariklah bandul ke kiri atau ke kanan (b), lalu lepaskan. Biarkan bandul berayun (c).
Pertanyaan:
1.      Pada saat gaya tarik kamu lepaskan, apakah bandul bergerak bolak balik?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2.      Apakah gerakan bandul tersebut melalui titik setimbang?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
3.      Bagaimanakah gerakan bandul, jika telah melewati titik setimbang?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
4.      Dari gambar (c), jika bandul bergerak dari titik A maka lintasan 1 getaran penuh adalah.……………………………………………………………….
2 getaran penuh adalah………………..……………………………………
2,5 getaran adalah………..…………………………………………………




Percobaan 2.

Tujuan: Memahami konsep getaran
Alat dan Bahan: Penggaris plastik yang lentur/elastis dan meja
Cara kerja:
1.      Siapkan alat dan bahan
2.      Letakkan penggaris di atas meja, kemudian jepit dengan tangan kiri.
3.      Getarkan penggaris dengan menekan ujung penggaris kemudian lepaskan
4.      Amati apa yang terjadi pada penggaris tersebut!
Pertanyaan:
1.      Pada saat penggaris digetarkan, apakah penggaris bergerak bolak balik melalui titik setimbang?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2.      Apakah penggaris dapat dikatakan bergetar? Jelaskan!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
TUGAS INDIVIDU

Kerjakan soal berikut dengan singkat dan tepat!
1.      Definisikan arti getaran!
2.      Sebutkan 4 contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari!
3.      Definisikan arti perioda!
4.      Tuliskan rumus perioda!
5.      Sebuah penggaris plastik dalam 60 detik menghasilkan getaran sebanyak 60 kali. Hitunglah perioda getarannya?
6.      Definisikan arti frekwensi!
7.      Tuliskan rumus frekwensi!
8.      Benda bergetar sebanyak 120 kali dalam 1 menit. Hitunglah frekwensi getaran benda tersebut?

JAWABAN
Nama :………………
Kelas : VIII - .………

………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………

0 komentar:

Posting Komentar