http://www.ziddu.com/finished.php?uid=ffgcnanjlhjimbm&fname=HKMCOULOM.ppt&sub=done&lan=english
http://www.ziddu.com/download/19669390/KEMAGNETAN.ppt.html
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=jggbgaghkghgnhj&fname=HKMOHMHAMBATAN.ppt&sub=done&lan=english
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=fihhkcnighfinhk&fname=UNSURSENYAWADANCAMPURAN.ppt&sub=done&lan=english
http://www.ziddu.com/finished.php?uid=feiegdjdkelilhm&fname=WUJUDZAT.ppt&sub=done&lan=english
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran :
IPA (Fisika)
Kelas / Semester :
VIII / Genap
Tahun Pelajaran :
2012-2013
Alokasi Waktu : 2
x 40 Menit
A. Standar
Kompetensi : 4. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika
dalam produk teknologi sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar : 4.1. Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya.
C.
Indikator :
Kognitif
1.
Produk
·
Mengidentifikasikan getaran pada kehidupan
sehari-hari
·
Mengukur periode dan frekwensi getaran
2.
Proses
·
Melakukan Percobaan Getaran dengan bandul dan
penggaris plastik
·
Menganalisa data pengamatan
·
Menyimpulkan getaran
Psikomotor
·
Pada saat melakukan percobaan diharapkan siswa
terampil dan dapat melakukannya
Afektif
·
Saat dan setelah proses pembelajaran diharapkan
siswa dapat memiliki sikap:
-
Jujur dalam mengerjakan soal
-
Disiplin/tertib dalam mengatur waktu
-
Bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan
-
Percaya diri dalam mengerjakan soal ulangan
-
Kerja sama dalam melakukan latihan soal
-
Teliti dalam mengamati
-
Cermat dalam menelaah soal
-
Tekun dalam belajar
-
Menghargai pendapat orang lain dalam berdiskusi
D.
Tujuan Pembelajaran
Kognitif
Produk
Setelah proses belajar mengajar
diharapkan siswa dapat:
1.
Mendefinisikan getaran harmonik
2.
Menyebutkan 4 contoh getaran dalam kehidupan
sehari-hari
3.
Mendefinisikan perioda
4.
Menuliskan rumus perioda
5.
Menghitumg perioda benda bergetar
6.
Mendefinisikan frekwensi
7.
Menuliskan rumus frekwensi
8.
Menghitung frekwensi benda bergetar
Proses
·
Melakukan percobaan getaran dengan bandul dan
penggaris plastik
·
Menganalisa data pengamatan
·
Menyimpulkan getaran
Psikomotor
·
Pada saat melakukan percobaan diharapkan siswa
terampil dan dapat melakukannya
Afektif
·
Saat dan setelah proses pembelajaran diharapkan
siswa dapat memiliki sikap:
-
Jujur dalam mengerjakan soal
-
Disiplin/tertib dalam mengatur waktu
-
Bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan
-
Percaya diri dalam mengerjakan soal ulangan
-
Kerja sama dalam melakukan latihan soal
-
Teliti dalam mengamati
-
Cermat dalam menelaah soal
-
Tekun dalam belajar
-
Menghargai pendapat orang lain dalam berdiskusi
E.
Materi Ajar
Peta Konsep
Materi Pokok (Getaran)
·
Getaran adalah gerak bolak balik secara periodic
(teratur)/terus menerus di sekitar titik keseimbangan
·
Getaran dalam kehidupan sehari-hari sering kita
jumpai pada:
a. Ayunan
(bandulan) pada maianan anak TK
b. Orang
yang sedang bersuara tenggorokannya bergetar
c. Gong
yang sedang dipukul bergetar
d. Permukaan
air tenang bergetar pada saat dijatuhi batu
e. Senar
gitar bergetar bila dipetik dan lain-lain
·
Frekwensi adalah banyaknya getaran yang terjadi
dalam satu detik, dirumuskan: f = n / t ; dengan f = frekwensi (Hz),
n = banyaknya getaran dan t = waktu (s)
·
Satuan lain dari frekwensi: getaran per detik;
cycle per sekon (cps); Kilo Hertz, Mega Hertz dan lain-lain
·
Periode adalah lamanya waktu yang dibutuhkan
untuk melakukan satu putaran penuh/sempurna, dirumuskan: T = t / n ; dengan T = periode (s)
·
Hubungan periode dengan frekwensi dapat dirumuskan: f =
1/T atau T =
1/f
·
Besarnya periode dipengaruhi oleh frekwensi dan
tidak dipengaruhi oleh amplitude
·
Amplitudo adalah jarak terjauh dari titik
setimbang.
·
Besarnya amplitude tidak mempengaruhi frekwensi
tetapi mempengaruhi kekuatan benda yang bergetar, semakin besar amplitudo
semakin kuat getarannya
·
Simpangan adalah jarak benda saat bergetar
diukur dari titik setimbang
F.
Metode Pembelajaran
Strategi pembelajaran : CTL
Model pembelajaran : Kooperatif learning (CL)
Metode :
ceramah, tanya jawab, demonstrasi, diskusi, percobaan
G.
Langkah-langkah Kegiatan
1.
Pendahuluan (10 menit)
-
Apersepsi:
Menyampaikan tujuan pembelajaran
-
Motivasi:
Apa yang terjadi pada tenggorokan
orang yang bersuara? Mengapa senar gitar jika dipetik mengeluarkan suara? Materi
getaran banyak menfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Mengelompokkan siswa dalam kelompok yang
beranggotakan 4/5 siswa
b.
Guru menjelaskan getaran
c.
Wakil kelompok mengambil alat dan bahan yang
digunakan untuk percobaan.
d.
Siswa melakukan percobaan getaran dan menyelesaikan beberapa masalah tentang getaran
(guru mengamati dan membantu siswa yang kesulitan)
Percobaan 1.
Tujuan: Mengamati gerak bolak
balik
Alat dan Bahan: beban bandul dan
tali
Cara kerja:
1) Buatlah
bandul sederhana dari sebuah beban yang digantungkan pada seutas tali seperti
pada gambar (a):
A A B
O O
O
(a)
(b) (c)
2) Biarkanlah
bandul tergantung bebas. Pada kedaan itu, bandul dalam keadaan setimbang (a)
3) Tariklah
bandul ke kiri atau ke kanan (b), lalu lepaskan. Biarkan bandul berayun (c).
Pertanyaan:
1) Pada
saat gaya tarik kamu lepaskan, apakah bandul bergerak bolak balik?
2) Apakah
gerakan bandul tersebut melalui titik setimbang?
3) Bagaimanakah
gerakan bandul, jika telah melewati titik setimbang?
4) Dari
gambar (c), jika bandul bergerak dari titik A maka lintasan 1 getaran penuh
adalah …; 2 getaran penuh adalah … dan 2,5 getaran adalah….
e.
Meminta wakil kelompok untuk menuliskan hasil
percobannya.
f.
Memberi penghargaan pada siswa atau kelompok
yang sudah berani tampil
Percobaan 2.
Tujuan:
Memahami konsep getaran
Alat dan Bahan:
Penggaris plastik yang lentur/elastis dan meja
Cara kerja:
1) Siapkan
alat dan bahan
2) Letakkan
penggaris di atas meja, kemudian jepit dengan tangan kiri.
3) Getarkan
penggaris dengan menekan ujung penggaris kemudian lepaskan
4) Amati
apa yang terjadi pada penggaris tersebut!
Pertanyaan:
2) Pada
saat penggaris digetarkan, apakah penggaris bergerak bolak balik melalui titik
setimbang?
3) Apakah
penggaris dapat dikatakan bergetar? Jelaskan!
g.
Meminta wakil kelompok untuk menuliskan hasil
percobaannya
h.
Memberi penghargaan pada siswa atau kelompok
yang sudah berani tampil
i.
Meminta mengumpulkan hasil pekerjaan kelompoknya
dan mengembalikan semua alat dan bahan percobaan
j.
Guru membagikan soal tes individu,siswa
mengerjakan soal tes individu.
k.
Semua siswa mengumpulkan hasil tes individu
3.
Penutup (10 menit)
a.
Membimbing siswa untuk merangkum hasil
pembelajaran
b.
Menugaskan siswa untuk mengerjakan soal latihan
mandiri di LKS (PR)
H.
Alat/Bahan/Sumber belajar
a.
Alat dan Bahan : statip, benang/tali, baterai
(beban), penggaris plastik
b.
Sumber Belajar: Buku fisika, LKS, internet,
Lingkungan dan buku-buku lain yang relevan
I.
Penilaian
- Teknik : Tes tertulis, tes lisan, tes unjuk kerja
- Bentuk Instrumen : tes uraian, percobaan
- Instrumen:
Kerjakan soal berikut dengan
singkat dan tepat!
1.
Definisikan arti getaran!
2.
Sebutkan 4 contoh getaran dalam kehidupan
sehari-hari!
3.
Definisikan arti perioda!
4.
Tuliskan rumus perioda!
5.
Sebuah penggaris plastik dalam 1 menit
menghasilkan getaran sebanyak 60 kali. Hitunglah perioda getarannya?
6.
Definisikan arti frekwensi!
7.
Tuliskan rumus frekwensi!
8.
Benda bergetar sebanyak 120 kali dalam 1 menit.
Hitunglah frekwensi getaran benda tersebut?
Penilaian tes tertulis/lisan
No.
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
Getaran adalah gerak bolak balik secara periodik
(teratur)/terus menerus di sekitar titik keseimbangan
|
10
|
2
|
Getaran dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai
pada:
1. Orang
yang sedang bersuara tenggorokannya bergetar
2. Gong
yang sedang dipukul bergetar
3. Permukaan
air tenang bergetar pada saat dijatuhi batu
4. Senar
gitar bergetar bila dipetik dan lain-lain
|
15
|
3
|
Periode adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk
melakukan satu getaran penuh/sempurna.
|
15
|
4
|
Periode dirumuskan: T
= t / n ; dengan T = periode (s)
|
10
|
5
|
Diketahui: t = 1
menit = 60 s
n = 60 kali
Ditanyakan: T = …?
Jawab: T = t / n = 60 s / 60 kali = 1 s
|
15
|
6
|
Frekwensi adalah banyaknya getaran yang terjadi dalam satu
detik.
|
10
|
7
|
Frekwensi dirumuskan:
f = n / t ; dengan f =
frekwensi (Hz), n = banyaknya
getaran dan t = waktu (s)
|
10
|
8
|
Diketahui: n = 120
kali
t = 1 menit = 60 s
Ditanyakan: f = …?
Jawab: f = n / t = 120 kali / 60 s = 2 Hz
|
15
|
SKOR MAKSIMUM
|
100
|
Penilaian Kinerja
4.1. Mendeskripsikan konsep getaran dan
gelombang serta parameter-parameternya.
|
Nama : ....
Kelas/Semester:
... / ....
|
||||
Kriteria yang dinilai
|
Skor
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|||||
1: Sangat
kurang
2: Kurang
3: Cukup
4: Baik
5: Sangat baik
|
Mengetahui;
Gempol, 9 Juli 2012
Kepala
Sekolah
Guru Mata
Pelajaran
H. Hdayat,
M.Pd Tono Joko Sucipto, S.Pd
NIP
NIP 19690530 200801 1 006
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Percobaan
1.
Tujuan: Mengamati gerak bolak balik
Alat dan Bahan: beban bandul dan tali
Cara kerja:
1.
Buatlah bandul sederhana dari sebuah beban yang
digantungkan pada seutas tali seperti pada gambar (a):
A A B
O O O
(a)
(b) (c)
2.
Biarkanlah bandul tergantung bebas. Pada kedaan
itu, bandul dalam keadaan setimbang (a)
3.
Tariklah bandul ke kiri atau ke kanan (b), lalu
lepaskan. Biarkan bandul berayun (c).
Pertanyaan:
1.
Pada saat gaya tarik kamu lepaskan, apakah
bandul bergerak bolak balik?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2.
Apakah gerakan bandul tersebut melalui titik
setimbang?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
3.
Bagaimanakah gerakan bandul, jika telah melewati
titik setimbang?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
4.
Dari gambar (c), jika bandul bergerak dari titik
A maka lintasan 1 getaran penuh adalah.……………………………………………………………….
2 getaran penuh adalah………………..……………………………………
2,5 getaran adalah………..…………………………………………………
Percobaan 2.
Tujuan: Memahami konsep getaran
Alat dan Bahan: Penggaris plastik yang
lentur/elastis dan meja
Cara kerja:
1.
Siapkan alat dan bahan
2.
Letakkan penggaris di atas meja, kemudian jepit
dengan tangan kiri.
3.
Getarkan penggaris dengan menekan ujung
penggaris kemudian lepaskan
4.
Amati apa yang terjadi pada penggaris tersebut!
Pertanyaan:
1.
Pada saat penggaris digetarkan, apakah penggaris
bergerak bolak balik melalui titik setimbang?
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
2.
Apakah penggaris dapat dikatakan bergetar?
Jelaskan!
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………
TUGAS INDIVIDU
Kerjakan soal berikut
dengan singkat dan tepat!
1.
Definisikan arti getaran!
2.
Sebutkan 4 contoh getaran dalam kehidupan
sehari-hari!
3.
Definisikan arti perioda!
4.
Tuliskan rumus perioda!
5.
Sebuah penggaris plastik dalam 60 detik
menghasilkan getaran sebanyak 60 kali. Hitunglah perioda getarannya?
6.
Definisikan arti frekwensi!
7.
Tuliskan rumus frekwensi!
8.
Benda bergetar sebanyak 120 kali dalam 1 menit.
Hitunglah frekwensi getaran benda tersebut?
JAWABAN
Nama :………………
Kelas : VIII - .………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
0 komentar:
Posting Komentar